Memasuki generasi ke 2 (dua), Toyota Avanza semakin kokoh dipuncak penjualan kendaraan Low-End MPV (Multi Purpose Vehicle), meskipun sebagaimana kita ketahui bersama bahwa beberapa bulan yang lalu situasi ataupun pasar otomotif di tanah air sedikit terganggu dengan rencana pemerintah menaikan harga bahan bakar mesin (BBM).

Mendominasi urutan pertama penjualan MPV di Indonesia tentu bukan hal yang mudah, mengingat saat ini konsumen semakin kritis terhadap produk-produk otomotif baik itu buatan Jepang ataupun Eropa, bahkan tak segan-segan konsumen melaporkan produsen yang melakukan promosi yang sebenarnya tak sesuai dengan kondisi kendaraan yang sudah dibeli.

Tak mau terganggu dengan masalah seperti itu, PT. Astra Toyota menghimbau kepada segenap “staff marketing” yang bekerja pada perusahannya agar melakukan promo secara transparan mengingat Toyota sendiri telah mempunyai pangsa pasar tersendiri dan sudah terkenal di seantero Nusantara.

Menemani Toyota Avanza, tentu saja Kijang Innova yang merupakan produk Mid-End MPV yang memiliki ruang kabin yang lapang dan telah menjadi kendaraan keluarga Indonesia sejak diluncurkan pertama pada tahun 2004. Harga Kijang Innova bisa dikatakan sangat sesuai dengan fitur serta fungsi yang diberikan dan telah menjadi produk unggulan produsen mobil yang bermarkas di Jepang ini.

Toyota Avanza sendiri pertama kali diluncurkan pada ajang Gaikindo Auto Expo yang berlangsung pada tahun 2003 silam. Setelah peluncuran, Avanza mampu menyedot perhatian publik dan ini terbukti dari penjualan yang mencapai 100.000 unit pada peluncuran perdananya.

Tak seperti Suzuki Ertiga yang terinspirasi dari Indonesia, nama Avanza diambil dari bahasa Italia yaitu avanzato yang artinya peningkatan atau dalam bahasa Inggris disebut Advance. Pengambilan nama tersebut sangat jelas bahwa pihak Toyota sangat ingin memasarkan produk dengan harga yang sangat terjangkau untuk membantu konsumen yang berada di Indonesia mengingat minat publik untuk memiliki kendaraan pribadi sangat besar.

Seiring dengan berjalannya waktu, Avanza tak hanya digunakan sebagai kendaraan pribadi namun juga digunakan sebagai alat transportasi baik untuk usaha rental ataupun fasilitas tambahan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Toyota Avanza sendiri memiliki beberapa varian seperti yang bisa Bapak/Ibu lihat pada daftar harga mobil Toyota terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *