kredit avanza transmover taksi jakarta

Avanza Transmover Taksi – Toyota Astra Motor semakin serius menggarap pasar kendaraan penumpang komersial, setelah sukses dengan product mobil sedannya seperti Toyota Limo yang merupakan versi terbawah untuk mobil sedan Vios, kini APM dari pabrikan nomor satu di Indonesia tersebut juga menghadirkan variant entry level dari Grand New Avanza khusus untuk segmen pasar komersial khususnya taksi yang diberi nama Avanza Transmover.

Harga Toyota Avanza Transmover ini dibanderol Rp. 143.550.000 dalam kondisi Off The Road untuk penjualan di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi atau daerah yang memiliki lisensi plat nomor B. Varian Transmover ini mempunyai spesifikasi mesin berkapasitas 1300 cc yang notabene sama dengan spesifikasi Avanza E 1.3L, sedangkan untuk transmisinya saat ini hanya tersedia dalam opsi manual saja.

Namun menurut Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager Marketing PT. TAM, pihaknya juga segera akan menghadirkan Avanza Transmover matic bila ada para pengusaha Taksi yang menginginkan varian bertransmisi otomatis, namun menurut Fransiscus para pemesan harus menunggu sekitar 2 – 3 bulan dengan harga lebih mahal sekitar 7 jutaan dari versi yang ada saat ini. Avanza Transmover tentu saja tidak untuk penggunaan pribadi sehingga pembelian cash atau kredit mobil Avanza Transmover tentu saja hanya bisa dilakukan oleh beberapa armada taksi terkemuka di Indonesia.

Untuk pemasarannya, TAM mematok target penjualan Avanza Transmover antara 100 hingga 100 unit perbulan dengan sasaran market para pengusaha Taksi baik Taksi online maupun non online. Hadirnya Avanza versi taksi ini merupakan hasil dari study Toyota akan kebutuhan serta trend masyarakat saat ini untuk kendaraan penumpang komersial.

Fenomena taksi online saat ini dimana sebagian besar armadanya merupakan kendaraan berjenis MPV membuat TAM tertarik untuk lebih serius menggarap pasar ini. ATPM nomor satu di tanah air itu juga mencermati peraturan pemerintah mengenai model yang boleh dijadikan taksi online, berhubung LCGC tidak diperbolehkan digunakan sebagai kendaraan penumpang yang artinya Toyota Calya tidak bisa dijadikan sebagai armada taksi online maka pilihannya adalah kelas terbawah dari LMPV.

Dan akhirnya model Avanza 1.3L dinilai merupakan model paling cocok untuk disulap menjadi jenis kendaraan penumpang komersial dengan mempertimbangkan fungsi dan efisiensi. Ada cerita menarik dibalik nama Transmover, awalnya sejumlah petinggi TAM sempat terpikir nama Limo MPV agar lebih dekat dengan model taksi sedan mereka namun pada saat – saat terakhirnama Transmover yang merupakan akronim bebas dari transport you to move to other place yang dipilih menjadi nama dari Avanza taksi ini.

Perbedaan Toyota Transmover Dengan Avanza E 1.3L M/T

Meski secara teknis baik mesin maupun platform spesifikasi Toyota Transmover tidak berbeda dengan Avanza type terbawah yaitu type E 1.3L M/T, namun ada beberapa perbedaan diantara kedua jenis entry level LMPV tersebut.

Setidaknya terdapat 10 macam perubahan yang mengiringi transformasi Avanza versi standar menjadi Transmover taksi yang sebagian besar terdapat pada sisi eksterior dan interior. Menurut pihak produsennya perubahan tersebut dilakukan dengan menitik beratkan pada spek fungsional dari pada gaya, pertimbangannya adalah pada kebiasaan pengguna kendaraan angkutan penumpang komersial baik pengemudi maupun penumpang serta sisi ekonomis kendaraan.

10 perbedaan Avanza Transmover Taxi dengan versi regulernya

Pada bagian eksterior, tidak ada lagi lis berwarna silver di bagian atas radiator grill seperti terlihat pada mobil Avanza terbaru, Transmover hanya mempunyai satu warna material, hal ini bertujuan bila terjadi benturan yang membuat body rusak akan lebih mudah juga murah saat proses pengecatan.

harga toyota avanza transmover 2016

Begitu pula dengan kaca spion yang hanya menggunakan warna material dan tidak dilengkapi fungsi pengaturan elektrik, lagi – lagi pertimbanganya adalah dari sisi ekonomis yaitu lebih murah bila harus diganti. Velg memakai model velg yang sama seperti milik Toyota Limo, terakhir pada bagian buritan Toyota mengganti emblem Avanza dengan logo Transmover.

Sedangkan di bagian interior Avanza Transmover desain kabin terlihat lebih sederhana, Toyota bahkan tak melengkapi Avanza versi taksi ini dengan head unit audio dan hanya memberikan dua buah speaker, meski demikian Transmover mempunyai dudukan untuk sistem audio yang bisa dipasang sendiri nanti oleh pemiliknya.

Sisi dalam pintu atau door trim hanya menggunakan material board dasar tanpa pelapis fabric agar lebih mudah dibersihkan sedangkan bahan pelapis kursi memakai material kombinasi fabric dan vinyl juga supaya lebih mudah dibersihkan namun tetap nyaman saat di duduki, kursi baris pertama juga tak dilengkapi back pocket.

Register AC tengah dan samping menggunakan material dasar agar tidak mudah rusak akibat gesekan atau karena sering dioperasikan, quarter trim juga hanya menggunakan material body.

Dengan harga yang sangat terjangkau serta sisi ekonomis maupun kebandelan mesin Avanza yang telah teruji, TAM optimis para pengusaha angkutan akan memilih Avanza Transmover dijadikan taksi online maupun non online.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *