Persaingan yang berlangsung secara head-to-head pada segmen Low Multi Purpose Vehicle, yang dilakoni Toyota Avanza Versus Suzuki Ertiga terus berlangsung. Layaknya sekuel film favorit yang selalu dinanti-nanti pencintanya, duel performa, adu gengsi, dan perang predikat terjadi di atas panggung pasar otomotif. Ertiga, pendatang baru yang bersinar dan fenomenal di Tahun 2012. Sempat meraih beberapa predikat bergengsi di kelas yang sama.

Saingannya, bisa dibilang juara tak terkalahkan. Siapa yang tidak mengenal Avanza? Pemegang hegemoni dan langganan papan atas untuk Low MPV di kelasnya. Konsumen yang membutuhkan kendaraan serba guna yang tangguh, berdaya muat besar, dan irit bahan bakar direkomendasikan untuk mempertimbangkan secara seksama dua sosok andalan masing-masing produsennya itu.

Beberapa produk unggulan dari brand lain, seperti Nissan, Daihatsu, dan Honda juga mengisi pasaran Multi Purpose Vehicle, terutama segmen menengah. Realitas tersebut justru meningkatkan tensi persaingan Toyota Avanza Versus Suzuki Ertiga. Oleh karenanya, perlu suatu penilaian objektif dan fair mengenai kelebihan dan kekurangan ketika membandingkan keduanya. Konsumen perlu pertimbangan matang untuk memutuskan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan transportasi dan mendukung aktivitas kesehariannya. suzuki ertiga 2013Akan tetapi, harus ada juga penilaian atas track record yang disandang brand yang memproduksi baik Avanza maupun Ertiga. Seperti yang kita ketahui bersama, kebangkitan Suzuki diawali sejak membidani lahirnya kendaraan-kendaraan niaga seperti pick up dan lain-lainnya. Suskes di segmen tersebut mendorong Suzuki Indonesia untuk merambah ke lini produk kendaraan berpenumpang. Sadangkan eksistensi Toyota di Indonesia belum bisa ditandingi brand apa pun dalam memproduksi kendaraan roda empat berpenumpang. Wajar jika Toyota masih memegang total penjualan unit terbanyak dari tahun ke tahun. Perlu diingat bahwa Avanza, menjadi kontributor terbesar. Baik Suzuki maupun Toyota pasti mengklain bahwa produknya, Ertiga dan Avanza dapat memberikan kenyamanan maksimal kepada seluruh penumpang. Hal lain yang selalu dikedepankan adalah kemudahan handling untuk pengemudinya. Realitasnya, memang keduanya memiliki kualitas di atas rata-rata. Avanza dan Ertiga sama-sama enak dibawa berkendara, baik melaju di jalan bebas hambatan dengan kecepatan tinggi, menyeruak padatnya lalu lintas kota, maupun melibas medan luar kota yang berat.

Perbandingan dimensi body, tinggi keduanya sama. Namun Avanza lebih ramping dan streamline. Hal ini menyiratkan kekompakan body sekaligus kelincahan yang didukung performa mesin dan akselerasi memadai. Dengan ukuran body yang ramping sekali pun, Avanza tetap menyediakan kabin yang luas dan lapang dengan jangkauan pandang yang lebih tinggi serta luas dibanding seterunya.

Kunjungi dealer mobil Toyota jika ingin merasakan kebebasan memilih yang sangat memanjakan selera. Bayangkan Anda disajikan 9 pilihan warna menawan plus lini produk dengan varian terbanyak. Belum ada lini produk dalam brandnya sendiri yang sanggup menandingi, apalagi kompetitor dari brand lain sekelasnya. Beralih ke kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan.

Seluruh varian Ertiga hanya berkapasitas mesin 1.400 cc, dengan tenaga maksimum 95 PS per 6000 rpm. Sedangkan Avanza memiliki 2 kapasitas mesin yang berbeda. Avanza 1.300 cc mampu menghasilkan 92 PS per 6.000 rpm dan Avanza 1.500 cc, bisa mencapai tenaga 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Hemat atau tidaknya konsumsi bahan bakar, bergantung juga pada cara berkendara yang didukung kemudahan perawatan, ketersediaan suku cadang, dan inovasi teknologi.

Avanza unggul di ketiga bidang tadi. Untuk mengakhiri komparansi Toyota Avanza Versus Suzuki Ertiga, Avanza tidak sekedar memberikan keunggulan secara temporer, tetapi menguntungkan konsumen sampai dengan After Sales Service. Harga mobil Avanza pun bersahabat karena didukung tiga keunggulan di balik layanan purna jual tadi. Bandrolnya jadi relatif murah karena mudah plus murahnya perawatan, ketersediaan suku cadang, dan inovasi teknologi Toyota.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *