fitur keselamatan toyota agya ancap

Meskipun turun dikelas entry level alias mobil murah, namun bukan berarti Toyota mengabaikan faktor keselamatan mobil Agya. Bahkan citycar rendah emisi tersebut baru – baru ini mendapatkan predikat 4 bintang untuk urusan keselamatan pengemudi maupun penumpang dalam uji tabrak yang dilakukan oleh Asean New Car Assesment Program.

Hasil tersebut membalikan semua persepsi negatif mengenai konsep keselamatan pada sebuah mobil murah. Bagi Toyota, tak ada kompromi bila menyangkut keamanan pengguna produknya, safety always come first, itulah prinsip manufaktur nomor satu dunia itu. Harga mobil Agya yang terbilang sangat murah itu bukanlah alasan untuk mengorbankan keselamatan pengemudi juga penumpangnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Toyota Astra Motor, distributor resmi mobil Agya serta produk Toyota lainnya di Indonesia, predikat bintang 4 itu membuktikan komitmen pihaknya dalam menghadirkan kendaraan yang aman bagi para penggunanya. Dadi Hendriadi selaku General Manager Technical Services PT. TAM mengatakan hasil memuaskan itu adalah berkat beragam fitur keselamatan yang diaplikasikan pada mobil Agya antara lain meliputi Global Outstanding Assesment body, dual SRS Airbags hingga pretensioner seatbelt.

Dadi menambahkan bila GOA adalah teknologi standar Toyota dalam mengikuti berbagai ajang uji keselamatan diseluruh dunia. Peningkatan ketahanan atau resistensi citycar ini juga semakin baik berkat penyempurnaan body structure reinforcement pada desain serta struktur rangka Toyota Agya membuatnya mampu menyerap sekaligus menyalurkan dampak benturan secara maksimal.

Peningkatan kualitas keamanan Agya pun dilakukan dari dalam kabin atau interior mobil Agya, LCGC ini menjaga keselamatan pengemudi serta penumpang depan dengan dua bantalan udara pada gagang kemudi serta dashboard. Sedangkan sabuk pengamannya memiliki teknologi pretensioner serta load limiter, berbeda dibanding sabuk pengaman konvensional, sistem kerja pada seatbelt mobil Agya tidak langsung mengencang saat terjadi tabrakan namun akan mengulur terlebih dahulu baru kemudian mengencang agar menjaga tubuh tetap terikat pada sandaran.

Selain fitur – fitur diatas, Agya juga dilengkapi oleh ISOFIX untuk kursi bayi yang membuat kursi bayi tetap terjaga pada tempatnya meskipun terjadi benturan hingga membuat citycar ini tak hanya aman bagi penumpang dewasa saja, namun Agya aman untuk bayi serta anak – anak.

Fitur Keselamatan Agya Terbaik Dikelasnya

Sebagai informasi, Agya menjadi yang terbaik dalam kategori mobil murah pada uji tabrak oleh NCAP ASEAN, ciycar ini meraih predikat 4 bintang dalam kategori keselamatan dewasa serta anak – anak. Untuk perlindungan orang dewasa (Adult Occupant Protection) Agya lulus dengan nilai tertinggi yakni 12.84, begitupun pada kualifikasi perlindungan anak atau Child Occupant Protection, LCGC Toyota itu meraih total penilaian 40.23 dari maksimal 49.

Nilai tersebut jauh lebih tinggi dibanding kendaraan lain dikelas LCGC yang diikutsertakan pada crash test oleh ASEAN NCAP bahkan lebih tinggi dibanding “kembarannya” yakni Ayla dari Astra Daihatsu Motor. Dengan demikian resmi sudah bila dikatakan bila Agya merupakan LCGC teraman di Indonesia saat ini.

ASEAN NCAP sendiri merupakan program independent yang berfungsi memberikan peringkat (rating) keselamatan pada sebuah produk kendaraan baru di wilayah Asia Tenggara melalui full frontal offset crash test. Pengujian dilakukan dengan menabrakan langsung sebuah mobil pada obyek padat pada kecepatan 64 km.jam hingga mobil berhenti.

Selain mobil Agya, beberapa produk Toyota lainnya juga telah menjalani rangkaian uji keselamatan oleh ASEAN NCAP ini. Beberapa produk tersebut antara lain Grand New Avanza, Hilux serta New Rush, hasilnya tidaklah mengecewakan, fitur keselamatan Avanza serta Rush diganjar predikat 4 bintang sama seperti Agya, sementara Hilux bahkan meraih 5 bintang khusus untuk variant tertingginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *