beda avanza dengan grand new veloz 2015

Meski sama – sama diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2015 lalu, namun ternyata ada cerita menarik dari kehadiran variant terbaru mobil Avanza dan Grand New Veloz. Toyota Astra Motor nampaknya perlahan – lahan mulai memisahkan image Veloz agar keluar dari bayang – bayang nama besar Avanza yang selama ini menjadi induk modelnya.

Menurut Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, alasan pihaknya memisahkan image Grand New Avanza dan Veloz terbaru didasari oleh perkembangan trend yang terjadi di tengah pasar dalam beberapa tahun terakhir. Seiring waktu, kian terlihat bila Avanza memiliki pasar tersendiri demikian pun dengan Veloz, bila pada generasi sebelumnya perbedaan tersebut masih terlihat samar, maka di variant anyar ini TAM ingin menegaskan karakteristik dari masing – masing andalannya itu.

Hal itu, menurut Rahmat, adalah agar Toyota dapat lebih fokus pada segmentasi sasaran mereka, sementara dari sudut pandang konsumen, mereka juga lebih jelas dalam memilih kendaraan sesuai selera maupun kebutuhannya. Avanza masih seperti karakternya yakni sebagai sebuah mobil keluarga serbaguna dengan performa tinggi, stylish, nyaman serta dilengkapi beragam fitur berteknologi terdepan, sementara Veloz, selain dibekali semua aspek diatas juga akan mempunyai kelengkapan fitur lebih baik juga kuat dengan kesan sporty.

Dengan pemisahan lebih jelas, maka diharapkan TAM dapat lebih mengkomunikasikan serta melakukan sosialisasi akan kelebihan dari Grand New Avanza dengan Grand New Veloz di saat bersamaan, dealer sebagai front liner penjualan mobil Toyota juga kian mudah dalam memasarkan kedua model dari mobil sejuta umat tersebut.

Veloz Kini Tersedia Dalam Variant Bermesin 1.3L

Sejak pertama kali dihadirkan pada tahun 2011 lalu, Veloz memang diplot untuk menjadi kasta tertinggi dari produk andalan Toyota di Indonesia itu dengan beragam keunggulan serta kelebihan yang tak dimiliki oleh “saudara tuanya” tersebut. Walau demikian, dari segi penampilan serta nuansanya, Avanza maupun Veloz nyaris tak memiliki perbedaan mendasar, itulah sebabnya keduanya sering disebut sebagai produk kembar identik / identical twin product.

Salah satu yang menjadi indikasi upaya Toyota menjadikan Veloz sebagai model tersendiri lepas dari image Avanza adalah dengan dihadirkannya opsi bermesin 1.3L pada sang Velocity. Seperti diketahui, sebagai variant exclusive dari Avanza, Veloz memiliki “keistimewaan” yaitu hanya mengaplikasi mesin berkapasitas 1.5L saja, akan tetapi di era Grand New nya ini, ekslusifitas tersebut coba untuk dihilangkan oleh sang produsen, dampaknya, Veloz terkesan lebih membumi berkat hadirnya type dari kasta mesin 1300cc.

Walau demikian, perbedaan mobil Avanza dengan Grand New Veloz menjadi lebih ditekankan pada aspek visual dalam hal ini desain eksterior, interior serta fitur – fitur teraplikasi di dalamnya. Perbedaan paling mencolok tentu terlihat dari tampak depan atau facia kendaraan dimana pada Veloz airdam dibuat menyatu dengan radiator grill, sementara untuk Avanza didesain terpisah.

Perbedaan lain juga terlihat hampir di seantero body mulai dari sisi samping hingga buritan, untuk kaki – kakinya sendiri Veloz memiliki diameter roda lebih besar yakni 15 inch, sementara Avanza menggunakan model 14 inch. Secara umum tampilan Grand New Veloz kental nuansa agresifitas, sebaliknya Avanza terbaru justru berdandan hingga lebih terkesan premium dibanding versi sebelumnya.

Untuk interiornya, Grand New Avanza memilih tapil lembut dan smooth melalui dominasi warna beige cerah dengan kombinasi oak serta sentuhan black juga aksentuasi silver pada beberapa bagian, sedangkan Grand New Veloz justru mengeksplorasi sisi kemewahan pada ruang kabinnya berkat dominasi warna hitam elegan.

Grand New Avanza hadir dalam 8 ragam warna yakni Nebula Blue, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic, Grey Metallic, Beige Metallic, Black Metallic, Silver Metallic dan White, sementara pilihan warna Toyota Veloz terbaru tersedia dalam 4 opsi menarik masing – masing Dark Red Mica Metallic, Black Metallic, White serta Silver Mica Metallic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *