avanza vs confero vs xm rear

Segmen low atau small MPV yang sangat gemuk membuat banyak produsen berlomba – lomba menghadirkan produk unggulan guna bisa menguasai market share di segmen tersebut. Sampai saat ini jagoan Toyota Astra Motor yakni Avanza dan Veloz masih menjadi penguasa tunggal dengan penguasaan pasar yang demikian dominan.

Keperkasaan Toyota Avanza dalam bursa otomotif tanah air memang membuat Low MPV terlaris di Indonesia ini mempunyai banyak “musuh”. Meski demikian tampaknya masyarakat Indonesia selalu menemukan banyak alasan untuk memilih mobil Avanza sebagai kendaraan andalan mereka.

Maka tak heran bila penjualan mobil Avanza jauh diatas mobil keluarga murah lain dikelasnya seperti Mobilio, Ertiga, Xenia dan Grand Livina yang disebut – sebut merupakan rival terberat dari sang Avanzatos. Dalam waktu dekat ini Avanza nampaknya harus bersiap meladeni tantangan dari dua lawan baru yang sesumbar mampu mempecundangi keperkasaan mobil sejuta umat Toyota itu.

Adalah brand asal negeri tirai bambu, Cina yakni Wuling Motors yang pertama kali melontarkan tantangan terhadap Avanza dengan mengandalkan jagoannya bernama Wuling Confero S. Brand yang merupakan perusahaan patungan dari raksasa automobile yakni SIIAC, General Motors dan Wuling sendiri itu bahkan telah membuka pabrik perakitan di kawasan Delta Mas, Cikarang untuk memproduksi calon penantang Avanza tersebut.

Selain mendapat “gangguan” dari negeri Tiongkok, Avanza serta Veloz juga harus bersiap menjawab tantangan dari manufaktur ternama yang sama – sama berasal dari tanah kelahiran Toyota yaitu Jepang. Manufaktur berlogo three diamond tersebut tampaknya ingin kembali mencoba peruntungan di segmen LMPV setelah mereka menyuntik mati Kuda sekitar satu dekade silam.

XM concept yang konon merupakan embrio dari LMPV baru Mitsubishi tersebut telah dipamerkan pada GIIAS 2016 disebut – sebut akan mulai diproduksi pada bulan Oktober 2017 melalui pabrik terbaru milik Mitsubishi Indonesia yang terletak di kawasan Cikarang, Jawa Barat dengan estimasi produksi berkisar 80 ribu unit setiap tahunnya dimana 60 ribu unit diantaranya untuk pasar domestik sementara sisanya akan diekspor ke negara – negara Asia Tenggara.

Small MPV Mitsubishi ini mempunyai konsep desain Dynamic Shield  seperti yang sudah diterapkan pada sejumlah produk keluaran brand ini diantaranya New Pajero Sport dari kelas SUV atau crossover Outlander. Pada bagian muka terdapat facia berbentuk huruf “X” serta lampu utama yang dirancang dengan sudut tajam.

Spesifikasi dari small MPV ini masih belum terlampau jelas begitupun harga MPV pesaing Avanza ini yang memang masih tentatif, sepertinya sang produsen sendiri belum mau terlalu berbicara banyak mengenai calon andalan barunya itu, namun dari bisik – bisik yang kini semakin sering terdengar harganya akan berkisar antara 175 – 275 juta Rupiah.

Bila memang demikian adanya maka XM Xoncept mempunyai banderol yang sangat bersaing dengan harga mobil Avanza 2017 yang dipasarkan saat ini. Meski demikian Toyota masih yakin dengan kehandalan kualitas dari MPV sejuta umat mereka, berapapun rival yang akan datang menghadang, Avanza diyakini tetap menjadi mobil terbaik pilihan keluarga Indonesia.

Meski demikian Toyota Astra Motor selaku ATPM small MPV ini tentu tidak hanya mengandalkan optimisme saja, selain terus meningkatkan kualitas dari flagshipnya itu, mereka juga kontinyu merancang strategi penjualan efektif diantaranya dengan menghadirkan program promosi termasuk promo Avanza lebaran dengan DP serta cicilan yang sangat ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *