Menduduki posisi teratas dalam produksi dan penjualan berbagai lini produk, tidak dicapai Toyota Indonesia dalam waktu singkat. Setelah melalui perjalanan panjang selama 5 dekade ini, Toyota Astra Motor (TAM) ingin Indonesia jadi basis produksi Toyota. Sebagai perusahaan manufaktur otomotif terbesar dunia, Toyota sudah banyak makan asam garam di semua pasar mobil dunia. Begitu juga di Indonesia, TAM bisa dibilang sebagai produsen tersukses melampaui para kompetitornya. Siapa yang tidak kenal dengan produk legendarisnya seperti Kijang, Avanza, dan Fortuner yang belakangan ini jadi buah bibir di kalangan pencinta SUV dan Off-Roader?

Kita pantas berbangga karena sebentar lagi Indonesia jadi salah satu pusat ekspor mobil Toyota terbesar di dunia. Untuk Tahun 2014 saja, ditargetkan sekitar 165.000 unit mobil Toyota yang mau diekspor ke berbagai negara. Ekspor mobil Toyota dari Indonesia sendiri setiap tahunnya terus meningkat. Bila di Tahun 2010 ekspor mobil utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Indonesia hanya berada di angka 55.796 unit, maka pada Tahun 2011 meningkat jadi 72.239 unit. Dan di tahun berikutnya angka tersebut kembali naik menjadi 114.504 unit. Seterusnya naik lagi di Tahun 2013 jadi 118.436 unit. Suatu pencapaian yang begitu luar biasa.

Bahkan TAM sendiri baru saja merilis Fortuner 4×4 untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia dan beberapa negara pemesan. Fortuner jadi satu-satunya SUV yang punya desain elegan, kokoh, dan tetap mengesankan kemewahan sebuah kendaraan sport premium. Fitur modern dan canggih tersaji untuk memenuhi harapan pengendaranya akan kenyamanan sebuah SUV istimewa. Dunia serasa dalam genggaman ketika berkendara bersamanya. Coba perhatikan eksterior varian New Fortuner TRS Sportivo Ver.3. Tampilan luar begitu gagah dengan beberapa perubahan, antara lain New TRD Sportivo Grille, New LED Daytime Running Light, New TRD Sportivo Front Underguard, New 17 inch Sportivo Alloy Wheel, dan New TRD Sportivo Rear Underguard.

Demi menyokong performa SUV terbaiknya, Toyota membekalinya dengan semua teknologi terdepannya. Penggunaan mesin baru Tipe 2 KD-FTV 2.5 Liter D-4D, Common Rail with VN Turbo dan Intercooler di Varian bermesin Diesel semakin menampakkan keunggulannya atas para pesaing. Variable Nozzle vane (VN) Turbo ditambah dengan intercooler mampu memberikan tekanan udara lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah daripada Turbocharger biasa yang berukuran sama. Hal ini menjadikan torsi dan tenaga mesin lebih besar namun tetap memiliki akselerasi mumpuni.

Kabin Fortuner yang lapang dan mewah menjamin kenyamanan selama perjalanan Anda. Beberapa penambahan pada bagian dalam kabin terdiri dari, New All Black Interior Color khusus mesin Bensin, New Black Leather Seat with Silver Stitch khusus mesin bensin, New Entertainment System, New Rear Seat Entertainment untuk semua tipe TRD Sportivo dan mesin bensin, New Espresso Wood Ornament, dan New Silver Ornament.

Penampilan Fortuner begitu macho dan garang karena didukung oleh desain kompak meski merupakan SUV Full Size. Semua tipe dilengkapi fitur-fitur seperti New TRD Sportivo Grille, New TRD Sportivo Front Underguard, New TRD Sportivo Rear Underguard, New LED DLR, Front Bumper Spoiler, Rear Bumper Spoiler, TRD Sportivo Body Sticker, TRD Sportivo Emblem, TRD Sportivo Muffler Cutter, Front Fender Mirror, TRD Sportivo Rear Spoiler with LED High Mount Stop Lamp, TRD Sportivo Front-Rear Shock Absorber Assy, TRD Sportivo Front-Rear Coil Spring, dan Rear Parking Camera.

Permintaan Konsumen Lokal Mulai Terpenuhi

Peluncuran New Fortuner 4X4 bukan tanpa alasan. Permintaan konsumen lokal yang semakin tinggi, membuat TAM berinisiatif untuk memproduksi varian baru yang berpenggerak 4 roda tersebut. Kualitas tinggi dan performa menawan yang sudah teruji di berbagai medan berat. Melalui world tour yang disponsori Perusahaan Migas Milik Negara beberapa waktu lalu, Toyota membuktikan bahwa produk SUV kebanggaannya pun dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah otomotif Internasional.

Dengan jumlah pembelian meningkat terhadap SUV Toyota Fortuner dan beberapa produk unggulan lainnya, tak salah jika TAM membidik Indonesia sebagai domain ekspansi produksi dan pemasarannya di Asia Tenggara dan Asia pada umumnya. Ada beberapa alasan mengapa Indonesia dipilih sebagai basis produksinya. Selain variabel biaya produksi yang relatif lebih murah dibanding negara lain, Indonesia punya pangsa pasar mobil-mobil Toyota yang sangat besar.

Oleh karenanya, dengan basis produksi di tanah air, TAM berencana akan segera hadirkan beberapa produk baru yang telah lama dikembangkan. Masih belum diketahui produk-produk baru apa saja yang akan diperkenalkan oleh pabrikan mobil terbesar di Indonesia ini. Kemungkinan besar di Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, di Bulan September ini akan segera kita temukan jawabannya. Diperkirakan, persaingan di bursa otomotif nasional bakal tambah seru setelah TAM mengumumkan produk-produk baru yang akan mereka produksi.

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *