Toyota Astra Motor menanggapi dingin kehadiran BR-V yang melakukan debut internasional perdananya sebagai model konsep atau prototype melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 memang sempat menjadi euforia di masyarakat berkat ekspose dari media, seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir media memang getol memberitakan mempublikasikan calon produk terbaru Honda Prospect Motor tersebut bahkan menyebutnya sebagai penantang serius Toyota Rush dalam segmen SUV murah.

all New Toyota Rush

Namun demikian, manufaktur nomor satu di Indonesia tersebut justru terlihat santai – santai saja bahkan tak terpengaruh sama sekali dengan fenomena instant itu. Sebagai produsen paling berpengalaman dalam industri kendaraan bermotor nasional dengan rekam jejak lebih dari 4 dekade melayani masyarakat tanah air, Toyota sangat yakin atas kualitas produk – produknya termasuk New Rush, dan pada akhirnya kualitaslah yang akan menentukan pilihan pasar.

Keyakinan tersebut diutarakan langsung oleh Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo ketika ditemui disela – sela penyelenggaraan GIIAS 2015. Menurut Rahmat, pihaknya telah memiliki planning maupun strategi sendiri yang di dasari oleh 3 konsep utama yakni menghadirkan produk terbaik sesuai kebutuhan masyarakat, memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen hingga memperkuat jaringan dealer agarmemudahkan pemilik konsumen maupun calon konsumen mobil Rush juga produk andalan Toyota lainnya dalam hal penjualan maupun purna jual dimanapun di seluruh wilayah nusantara.

Oleh karenanya, TAM menepis anggapan sebagian pihak bahwa kehadiran Honda BRV dapat mengikis market New Rush, ATPM dibawah komando Jhonny Darmawan itu melihat bila Rush telah memiliki basis pasar sangat kuat dan telah terbukti loyalitasnya. Ditilik dari sudut pandang manapun, Rush jelas lebih memiliki karakter sebagai urban cruiser dibanding calon seterunya tersebut melalui tampilan fisik lebih gagah dan sporty serta kehandalan performa yang telah terbukti selama bertahun – tahun.

Rush Memiliki Brand Image Kuat Dibanding BR-V

Hal terakhir sangat berkaitan dengan brand image dari Toyota Rush, sejak pertama kali mengaspal di bumi nusantara pada tahun 2006 silam, SUV 5 tempat duduk ini telah membangun citra kuat di tengah masyarakat terutama generasi muda penggemar kendaraan bergenre urban SUV. Rush mampu memberikan persepsi baru dalam berkendara bagi para penyuka kegiatan outdoor atau semi offroad namun tetap menginginkan kendaraan yang stylish juga elegan hingga sesuai dengan gaya hidup maupun aktifitas mereka sehari – hari di tengah dinamika metropolitan.

Rush boleh dibilang sebagai first mover di segmentnya, yakni kelas kendaraan urban SUV untuk kalangan menengah, ya, dengan segala kelebihan serta keunggulannya, harga Toyota Rush juga sangat – sangat rasional alias terjangkau. Bahkan walaupun demikian, TAM tetap ingin memberi kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk memiliki SUV idamannya ini dengan menyediakan opsi pembelian melalui paket kredit mobil Toyota.

Sisi ekonomisnya menjadi lebih tinggi karena produk Toyota sangat terkenal akan kualitasnya yang tangguh, bandel sekaligus awet, faktor itu membuat mobil Rush sangat mudah juga murah dalam perawatannya. Bukan itu saja, TAM memiliki jaringan sales and aftersales services terluas serta terlengkap, dengan demikian pemilik ataupun pengguna New Rush tidak perlu mengkhawatirkan untuk maintenance maupun ketersediaan suku cadang kendaraan kesayangannya.

Toyota dengan mottonya, “Moving Forward” memang selalu menjadi terdepan dalam memberikan produk selaras dengan perkembangan zaman maupun teknologi dan lebih penting lagi mampu mengakomodir kebutuhan para penggunanya. Coba tengok deretan line up mereka, mulai dari Rush, Innova, Avanza, New Camry hingga MPV premium Alphard selalu menjadi pilihan utama konsumen di segmentnya masing – masing.

Bahkan TAM dengan berani menjadi produsen pertama yang memperkenalkan konsep baru dalam berkendara di era modern dengan menghadirkan mobil berteknologi hibrid pertama di Indonesia yakni Prius Hybrid disusul oleh Camry Hybrid. Secara kasat mata bisa dilihat bila Toyota selalu menjadi first mover bukan follower apalagi kini salah satu andalannya yakni mobil Grand New Avanza sudah mengaspal di Indonesia.

Benefit lain dan ini membuat Toyota begitu dicintai oleh konsumen setianya adalah semua produk keluaran mereka selalu memilki resale value tertinggi dibanding product lain sekelasnya. Maka adalah pilihan bijak bila konsumen memilih Rush atau produk andalan TAM lainnya yang jelas – jelas telah terbukti kualitas dan juga nilai ekonomisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *