Semenjak kelahirannya pada Gaikindo Auto Expo atau yang sekarang bernama Indonesia International Motor Show tahun 2003 yang lalu, Toyota Avanza Indonesia semakin dikenal di kalangan publik tanah air dan menjadi raja di segmen MPV di Indonesia. Mobil ini lahir di Indonesia namun menggunakan kata Avanza atau Advanced yang diambil dari bahasa latin berarti ” Maju ” .

Sejarah Toyota Avanza di Indonesia tak lepas dari kejelian Toyota melihat situasi saat itu, dimana belum ada produsen yang menyediakan kendaraan multi fungsi yang kompetitif, hal yang segera direspons oleh Toyota dengan memproduksi mobil MPV dengan harga yang  terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Meski dikonsep sebagai kendaraan ekonomis, namun tidak melupakan faktor kemampuan dan tampilannya. Sebagai mobil keluarga, Toyota Avanza memiliki keunggulan dari sisi performa, desain dan kenyamanan hingga membuatnya segera diterima oleh pasar tanah air.

Inovasi Toyota Avanza terus berlanjut, dengan melakukan development yang kontinyu, mobil ini terus bertransformasi menjadi kendaraan keluarga paling diminati di Indonesia.  Perkembangannya meliputi tampilan yang selalu diperbahurui mengikuti trend yang ada pada masanya, pengaplikasian fitur terbaru dan paling modern demi kenyamanan hingga performa kendaraan yang kian ditingkatkan. Semua inovasi tersebut tetap mempertahankan basis kendaraan yang merupakan mobil serbaguna yang ekonomis, baik dari segi harga  Toyota Avanza, perawatan hingga tingkat efisiensi bahan bakar.

Toyota Avanza kian menunjukan kesuksennya di pasar MPV Indonesia, terbukti dari tingkat penjualan yang  terus meningkat di seluruh dealer resmi Toyota, bahkan Avanza pernah menjadi mobil dengan penjualan terbanyak di Indonesia selama 3 tahun berturut turut, yaitu pada tahun 2006 hingga 2008. Avanza pun menjadi tulang punggung Toyota Astra Motor ( TAM ) untuk terus merajai pasar otomotif di Indonesia. Yang paling membanggakan, Toyota Avanza yang dilahirkan di Indonesia jaga sangat diminati di luar negeri, terbukti dengan tingginya demand kan kendaraan ini di negara negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan hingga Meksiko.

Kini hadir All New Toyota Avanza yang merupakan varian terbaru dari klan Avanza dengan perubahan meliputi desain exterior dan interior yang lebih stylish, Avanza generasi terbaru ini juga lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar. Tak salah bila pada ajang Indonesia Otomotif Awards yang berlangsung pada 21 Maret 2012 yang lalu, mobil ini berhasil menyabet tiga penghargaan yaitu Best Mini MPV, Best of the Best MPV dan penghargaan paling prestisius yaitu Best Car of the Year 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *