pabrik toyota karawang

Toyota Tetap Membangun Pabrik Baru Di Indonesia

by Derry on February 6, 2013

Sesuai dengan komitmen dari Toyota sejak akhir tahun 2013 yang lalu, pabrikan mobil raksasa asal Jepang ini tetap meneruskan tencana  investasi  besar mereka di Indonesia salah satunya dengan meneruskan rencana pembangunan Pabrik Perakitan Baru Toyota. Bahkan dengan progress yang berjalan cukup baik, diharapkan pabrik tersebut akan mulai dapat beroperasi pada bulan Maret tahun 2013 ini untuk mendukung rencana besar ekspansi pasar serta peningkatan investasi di tanah air.

Meskipun  menurut Direktur dari Toyota Motor Corporation, Takahiro Ichiji bahwa pihaknya akan menunda seluruh investasi mereka di luar Jepang dengan memprioritaskan pada kontrol pembiayaan fix di TMC demi menarik keuntungan dari melemahnya nilai tukar mata uang Yen di pasar dunia, namun hal tersebut dinyatakan tak mengganggu komitmen investasi mereka di Indonesia. Seperti ditanggapi oleh Katsuyuli Suginohara selaku Emerging Market Manager dari TMC, bahwa keputusan tersebut hanya berlaku bagi pembangunan pabrik yang baru direncanakan di masa mendatang.

Sedangkan pabrik yang akan dibangun di dalam negeri merupakan bagian dari rencana besar TMC untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang mendapat fokus utama dari TMC selain dari Thailand, India serta China. Dijelaskan lagi bahwa Indonesia sebagai  Negara berpenduduk nomor lima terbanyak di dunia merupakan pasar potensial bagi produk Toyota seperti  New Yaris, Rush, All New Avanza hingga truck Dyna.

Saat ini pabrik pertama telah mulai beroperasi dengan produksi utama adalah Kijang Innova serta Toyota Rush. Keduanya memang merupakan andalan dari Toyota Indonesia, bahkan mereka berencana meningkatkan ekspor untuk kedua line up tersebut. Variant terbaru yaitu Navigator One atau Toyota Nav1 2013 juga telah mulai diproduksi di pabrik yang dikelola oleh Toyota Motor mmanufacturing Indonesia ini.

Sedangkan pabrik kedua yang tadi disebutkan akan beroperasi mulai akhir maret tahun ini tersebut akan diproyeksikan untuk memproduksi atau merakit mobil jenis sedan dari Toyota. TMC memang sangat mengandalkan variant sedan ini, terbukti beberapa diantaranya sempat menjadi produk legendaris di tanah air, sebut saja Corolla, Starlet  maupun All New Camry yang merupakan produk sedan premium paling mutakhir dari TMC.

SHARE TO :

Share to Google Plus

Previous post:

Next post: