penjualan toyota avanza, rush, yaris, innova, dyna 2012

Toyota Berjaya di 2012

by Derry on December 28, 2012

Toyota mendapat urutan teratas dalam meraih total penjualan pada tahun 2012, bukan hanya didalan negeri, manufaktur mobil asal Jepang ini juga mencapai kesuksesan luar biasa dalam hal penjualan unit kendaraan secara global. dengan jajaran line up unggulan seperti Avanza, Innova, Yaris, Rush, Camry, Alphard, Fortuner hingga si jumbo Toyota Dyna, pabrikan ini bagaikan gurita yang mencengkram kuat di berbagai segment pasar otomotif mulai dari city car, MPV, SUV, Sedan hingga Truck.

Di dalam negeri Toyota nyaris tak terbendung menjadi penguasa pasar otomotif, data yang didapat dari Gaikindo mencatat bahwa hingga bulan November 2012 ini, mereka telah berhasil menjual  370. 987 unit kendaraan secara nasional. Angka tersebut jauh melewati pesaing lain di 5 besar yang juga diodominasi manufaktur automobil asal negara matahari terbit.

Menurut ketua Gaikindo yang juga Presiden Direktur Astra, Jhonny Dharmawan, dominasi merk asal Jepang tersebut adalah hal yang positif dikarenakan merk merk dari negara Fujiyama tersebut juga melakukan ekspor untuk kendaraan yang dirakit di tanah air. Hal tersebut menunjukan bahwa pasar internasional telah mengakui kualitas produk rakitan Indonesia sebut bapak ramah tersebut. Dengan demikian tentunya akan berimbas langsung pada perekonomian di negara kita secara keseluruhan.

Untuk line up mereka sendiri sendiri, Toyota Avanza masih menjadi kontributor terbesar dengan penjualan sebesar 175. 049 unit disusul Kijang Innova sebanyak 67.009 unit. Segment mobil keluarga serbaguna memang masih menjadi tulangg punggung pabrikan ini, Alphard yang merupakan MPV premium juga laris manis dengan penjualan sebanyak 2.345 unit. Namun Dyna yang notabene kendaraan niaga juga terbilang berhasil dengan 20.223 unit terjual selama Januari hingga November 2012.

Prestasi itu menempatkan Indonesia sebagai pasar ke lima terbesar untuk penjualan mobil Toyota di seluruh dunia. Toyota saat ini menjadi pemimpin pasar otomotif dunia dengan penjualan sebanyak 7,4 juta kendaraan bermotor roda empat. Angka tersebut berhasil mengungguli General Motor Corp dan VW yang berada di posisi kedua dan ketiga. Data tersebut semakin membuktikan betapa Toyota berjaya di 2012 ini dan bukan tidak mungkin akan terus berlanjut pada tahun 2013 mendatang dengan diluncurkannya produk andalan seperti mobil Agya dan mobil Nav1.

SHARE TO :

Share to Google Plus

Leave a Comment

Previous post:

Next post: