harga toyota vios facelift thailand 2016

Tak hanya gemar menghadirkan produk anyar semisal Sienta atau Calya, Toyota Astra Motor juga tak melupakan produk “lawas” mereka yang telah melegenda dan memiliki tempat di hati penggemarnya. ATPM dari brand paling terkemuka di jagad raya itu siap menyegarkan sejumlah line up unggulan mereka diantaranya yang kini tengah menjadi buah bibir adalah wacana kehadiran Toyota Vios Facelift 2016 yang konon akan menggunakan teknologi transmisi CVT.

Publik Asia telah terlebih dahulu mengenal Toyota Vios Facelift saat pertama kali diluncurkan via ajang Bangkok International Motor Show yang brelangsung bulan Maret 2016 kemarin. Walau berstatus facelift yang identik dengan minor change alias penyegaran ringan namun perubahan yang terdapat pada mobil Vios terbaru sama sekali jauh dari kesan “minor”.

Pasalnya tak seperti produk facelifter pada umumnya yang biasanya hanya bersolek pada bagian eksterior maupun interior, small sedan legendaris tersebut juga berbenah pada sisi paling vital dan krusial dari sebuah kendaraan modern yaitu sisi dapur pacu alias mesinnya, New Vios 2016 kini menggunakan jantung seri NR berteknologi Dual VVT-Inteligent yang hebatnya diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Bila produk yang dipasarkan di Thailand saja memakai mesin produksi lokal itu maka bisa dipastikan Toyota Vios Facelift yang nantinya akan dipasarkan di tanah air juga akan memakai spesifikasi yang sama. Dengan demikian Vios resmi akan berbagi jeroan dengan kompatriotnya yang merupakan produk MAV pertama di Indonesia yakni All New Sienta yang juga mengandalkan jantung mekanis berkapasitas 1.5L tersebut sebagai sumber tenaganya.

Jadi Toyota Vios di Thailand dan kemungkinan besar di negara lain di dunia akan memakai produk buatan Indonesia sebagai spesifikasi dasarnya, cukup membanggakan tentu saja. Namun bila melihat keunggulan yang diusung oleh mesin NR, cukup beralasan bila manufaktur sebesar Toyota mempercayakan komponen vital sejumlah line up terbarunya pada mesin Toyota made in Karawang tersebut.

Baca : Toyota Vios Thailand Impor Mesin Dari Indonesia

Dengan berbahan dasar alumunium komposit khusus yang ringan namun sangat efektif dalam menahan panas, mesin NR yang dikembangkan di fasilitas terbaru TMMIN itu tidak hanya handal dan responsif dalam menghasilkan tenaga namun juga lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar dan tentu saja lebih ramah lingkungan karena rendah emisi gas buang.

Konsekuensi langsung dari penggunaan mesin NR ini adalah Vios terpaksa harus mencopot sistem transmisi automatic 4 speed konvensionalnya dan menggantinya dengan teknologi yang lebih modern yakni Continuesly Variable Transmission atau CVT, penggunaan teknologi CVT yang juga dilengkapi 7 langkah rasio gigi ini justru memberi beragam benefit yakni menambah daya gedor tenaga mesin, membuat pergantian antar gigi menjadi lebih halus dan mendukung terciptanya gaya berkendara yang lebih efisien, hemat BBM serta rendah emisi.

Perbedaan Toyota Vios Facelift 2016 Thailand

Di Thailand yang saat ini masih diakui sebagai pusat otomotif Asia Tenggara, Vios tak lagi memiliki opsi bertrasmisi manual, namun tidak atau belum diketahui secara pasti apakah Indonesia juga akan mengikuti langkah tersebut dengan hanya memasarkan model bertransmisi CVT saja, diluar itu tampaknya model untuk Indonesia akan mengikuti sebagian besar perubahan yang telah diaplikasikan pada Vios Thailand.

Beberapa perubahan yang terdapat pada mobil sedan Vios versi negeri Gajah Putih itu diantaranya adalah tampilan luar yang lebih ekslusif serta elegan. Ya, sedan murah Toyota itu terlihat lebih mewah dengan desain eksterior yang kini dipenuhi beragam pernak – pernik atau body kit plus LED Daytime Running Light guna mengoptimalkan fungsi pencahayaan.

Kesan elegan juga terdapat pada bagian dalam kabin alias interior Toyota Vios, para penggunanya akan merasakan suasana ekslusifitas layaknya berada dalam sebuah kendaraan sedan premium, balutan warna grey pada trim dan dashboard berpadu piano black yang teraplikasi pada pelapis jok berbahan kulit serta lingkar kemudi sungguh memberikan citra kemewahan yang tinggi.

Bukan hanya nuansa kemewahan saja yang ditawarkan bagi pengemudi maupun penumpang di dalam kabin mobil Vios terbaru, Toyota juga mengaplikasikan sederet fitur modern untuk menjadikan suasana berkendara lebih nyaman dan menyenangkan. Fitur paling diandalkan serta dibanggakan sudah pasti adalah fasilitas hiburan dengan teknologi T-Connect dilengkapi monitor berdimensi 7 inci.

Mewah dan nyaman hanyalah salah satu faktor dari sebuah kendaraan ideal masa kini, faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah keamanan saat berkendara. Untuk yang satu ini konsumen atau pengguna Vios tak perlu khawatir karena  Toyota membekali mobil sedan kompak andalannya itu  dengan berbagai fitur seperti sistem pengereman Antilock Braking System, Brake Assist plus Electronic Brake Distribution, Vehicle Stabillity Assist hingga dual SRS airbags yang akan melindungi pengemudi serta penumpang disampingnya bila terjadi tabrakan dari arah depan dengan dua buah kantung udara pengaman.

Menariknya dengan segala perubahan dan upgrade spesifikasi juga fitur Toyota Vios facelift 2016 itu, harga yang ditawarkan oleh Toyota Thailand ternyata tidak berbeda jauh dibanding versi sebelumnya, bila di rata – rata kenaikan harga mobil Vios terbaru ini hanya sekitar 3 persen saja dari model terdahulu.

Mengingat baik Thailand maupun Indonesia sama – sama memproduksi Vios di dalam negeri, sangat besar kemungkinan bila harga Toyota Vios facelift Indonesia juga hanya berbeda tipis dibanding pendahulunya, nantikan terus berita serta perkembangan seputar small sedan favorit masyarakat Indonesia tersebut di situs informasi dan berita mobil Toyota terpercaya kesayangan anda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *