Yaris Tidak Recall

Toyota Yaris Di Indonesia Tak Terkena Recall

by Derry on July 5, 2013

Totota Astra Motor (TAM) akhirnya bernapas lega setelah Toyota Motor Company memastikan bahwa All New Toyota Yaris yang beredar di Indonesia tak berdampak atau dengan kata lain tidak terkena recall. Secara global TMC telah menarik kurang lebih 185.000 unit Yaris dan ini dilakukan untuk perbaikan modul Electronic Power Steering (EPS) yang dinilai ada beberapa kekukarangan khusus pada negara-negara dengan iklim yang dingin. Hal senada telah dikonfirmasi oleh Bapak Rouli H Sijabat selaku PR Manager TAM. Menurutnya recall hanya terjadi terhadap Yaris dan Verso yang diproduksi di Jepang dan Perancis sedangkan di Indonesia mobil hatchback tersebut diimpor secara CKD dari Thailand yang notabene memiliki iklim yang sama dengan Indonesia.

Masih menurut Rouli, TAM tidak akan tinggal diam dengan apa yang dialami oleh TMC karena sebagai APM pihaknya akan siap sedia membantu pengguna Yaris di Indonesia untuk memperbaiki mobil mereka khusus yang langsung diimpor dari Hongkong ataupun Jepang. Isu recall memang merupakan sebuah ganjalan bagi setiap produsen, namun kita kembali lagi bahwa apa yang dibuat oleh manusia tentu saja ada kekurangan dan sudah tugas Toyota untuk memperbaikinya tanpa dipungut biaya apapun berkat jaringan yang kuat antara APM disemua negara.

Cuaca dingin memang merupakan sebuah masalah sendiri dalam dunia otomotif dan pada EPS Yaris yang diproduksi antara November 2010 hingga Maret 2012 yang terjadi adalah pengembunan dan masuknya air ke sirkuit sehingga modul EPS tidak berjalan normal. Mungkin dengan adanya kejadian ini akan muncul pertanyaan kenapa mobil yang diluncurkan diluar negeri berbeda dengan yang ada disini? Ada beberapa alasan tentunya, namun yang sangat mendasar tentu saja adalah daya beli konsumen serta penyesuaian terhadap iklim setempat.

SHARE TO :

Share to Google Plus

Leave a Comment

Previous post:

Next post: