penjualan toyota gaikindo 2016

Gaikindo Indonesia International Auto Show ke 24 baru saja ditutup tanggal 21 Agustus 2016 lalu, banyak hal menarik yang bisa dicatat dari event otomotif terbesar di Asia Tenggara tersebut. Namun secara umum nyaris tak ada kejutan berarti pada GIIAS tahun ini, Toyota masih menempati pemuncak brand dengan penjualan terlaris, line up unggulannya di serbu pengunjung dan sebagainya dan sebagainya, pada intinya GIIAS hanya menegaskan bila sang raja masih kokoh di singgasananya dan yang lain harus pasrah menjadi si nomor 2 nomor 3 dan seterusnya.

Faktanya, Toyota Astra Motor selaku ATPM sekaligus distributor produk kendaraan dari brand asal Jepang tersebut mencatat total transaksi atau SPK mobil Toyota sepanjang pameran mencapai 8.286 unit naik drastis dari penjualan di ajang yang sama tahun sebelumnya yang “hanya” mencapai 7,706 unit.

Segmen kendaraan keluarga serbaguna alias MPV masih menjadi tulang punggung utama atas raihan tersebut dengan kontribusi mencapai 74.14 persen, hadirnya line up anyar yakni All New Sienta dan Toyota Calya LCGC dianggap menjadi pemicu tertinggi di samping juga produk unggulan yakni Alphard dan Velfire G Limited Edition yang mewakili segmen premium MPV, sang icon Kijang Innova dari mid size MPV serta tentu saja dynamic duo Grand New Avanza – Grand New Veloz.

Di bawah MPV, kategori mobil urban cruiser atau SUV juga tak kalah cemerlang, ditopang New Fortuner, New Rush Ultimo dan Land Cruiser, segmen ini menyumbangkan tak kurang dari 15,36 persen. Untuk kelas hatchback atau citycar memberi kontribusi 8,25 persen dan sisanya adalah dari kategori sedan.

Untuk lebih lengkap mengenai raihan penjualan Toyota sepanjang GIIAS 2016 akan kami kupas pada ulasan berikutnya.

GIIAS Momentum Bangkitnya Industri Otomotif Di 2016

Daripada mencoba membandingkan kesuksesan yang diraih oleh Toyota dengan pencapaian para “rivalnya” yang jelas – jelas begitu mencolok perbedaannya, lebih baik arahkan fokus pada  kesuksesan GIIAS 2016 itu sendiri sebagai sebuah hajatan akbar sekaligus barometer dari industri kendaraan bermotor di negeri ini. Ajang besutan Gaikindo ini dinilai cukup berhasil menjadi pintu gerbang bagi kebangkitan kembali dunia otomotif nasional dengan mencatatkan sejumlah rekor baru baik dari segi pengunjung maupun transaksi penjualan.

Dalam 11 hari pameran yang digelar mulai dari tanggal 11 – 21 Agustus teresbut, total pengunjung yang mendatangi Indonesian Convention Exhibition di area BSD, Tangerang Selatan tempat berlangsungnya GIIAS 2016 tercatat menembus angka 456.517 orang dengan jumlah terbanyak terjadi pada hari kemerdekaan 17 Agustus yakni sebanyak 62.067 pengunjung.

Dari jumlah tersebut, Gaikindo sebagai pihak penyelenggara mencatatkan rekor transaksi sebesar 6.155.013.582.300 Rupiah dari 25 merek mobil penumpang, hasil itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan total transaksi pada penyelenggaraan tahun sebelumnya yang berjumlah 5,7 Triliun Rupiah.

Atas pencapaian fenomenal tersebut, Ridzwan Alamsyah selaku ketua penyelenggara GIIAS tahun ini mengatakan kesuksesan pameran ini akan memberi rangsangan positif terhadap industri otomotif tanah air yang selama semester pertama 2016 bisa dikatakan masih stagnan, hadirnya sejumlah produk terbaru seperti Calya LCGC dan juga model konsep seperti Mirai, CHR dan FCV Plus diharapkan bisa mendongkrak performa pasar di sisa tahun penjualan.

Sedikit menganalisa, Ridzwan menyebut bila GIIAS menjadi ajang pertemuan akbar para pelaku industri seperti manufaktur dan ATPM dengan masyarakat baik masyarakat umum maupun para pemerhati dan media sehingga memberi akses terciptanya interaksi dan komunikasi diantaranya. Transaksi penjualan disebut Rizwan merupakan konsekuensi langsung dari interaksi yang terjalin itu.

Untuk kedepannya diharapkan GIIAS dapat memberi kontribusi lebih besar bagi kemajuan industri otomotif dalam negeri melalui penyelenggaraan yang lebih baik lagi. Tahun depan GIIAS menurut rencana akan dijadwalkan pada tanggal 10 sampai 20 Agustus 2017.

Maju terus otomotif Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *