avanza 2017 masih pilihan terbaik keluarga indonesia

14 tahun sejak pertama kali diperkenalkan, Toyota Avanza kini merupakan fenomena paling signifikan dalam industri otomotif negeri ini. Avanza layak menjadi suksesor Toyota Kijang sang legenda mobil keluarga Indonesia, Avanza sekarang memegang tongkat komando memimpin penjualan para kompatriotnya sesama produk Toyota Astra Motor, LMPV ini memberi kontribusi sebesar 44 persen untuk penjualan TAM dikelas MPV.

Inilah mobil yang mampu mencapai angka penjualan 1.000.000 unit paling cepat sepanjang sejarah dunia otomotif tanah air, pencapaian satu juta unit diraih hanya dalam tempo satu dekade atau 10 tahun yakni di tahun 2013 lalu. Sampai dengan saat ini 1,6 juta unit mobil Avanza menjadi pilihan keluarga Indonesia.

Indikasi mobil Avanza menjadi pilihan keluarga Indonesia telah terlihat sejak awal pertama kehadirannya. Pada tahun pertamanya saja penjualan Avanza mampu menembus angka 100 ribu unit, angka itu terus meningkat pada tahun – tahun berikutnya dimana rata – rata penjualan mobil Toyota Avanza berada di kisaran 120 ribu / tahun.

Bila mampu mempertahankan jumlah penjualan itu maka dalam tempo dua sampai tiga tahun kedepan Avanza bukan hanya akan mendapat predikat sebagai mobil sejuta umat namun mobil dua juta umat. Diluar angka penjualan yang sangat fantastis tersebut, Avanza mempunyai nama merk yang sangat kuat, bila menyangkut mobil keluarga Indonesia, Avanza adalah nama yang paling sering muncul baik di tengah masyarakat maupun di dunia maya melalui mesin pencari dunia maya seperti Google dan sejenisnya.

Dengan branding yang sangat kuat tersebut maka TAM sang ATPM mobil Toyota Indonesia tidak khawatir dengan banyaknya pesaing yang hadir di kelas Low MPV.  Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir banyak bermunculan produk – produk LMPV dari beragam produsen yang mencoba mengekor kesuksesan mobil Avanza sebut saja diantaranya Ertiga, Mobilio, Grand Livina atau yang baru saja diluncurkan pada tahun 2017 ini yakni Wuling Confero dan Mitsubishi Expander.

Avanza, Cara Toyota Merangkul Keluarga Indonesia

Avanza adalah langkah jenius yang dihadirkan Toyota Indonesia, kesuksesan mobil ini telah mendapat pengakuan internasional hingga bahkan pihak principal Toyota yang berhome basedi Jepang pun memberikan respect untuk afiliasinya di Indonesia atas keberhasilannya melahirkan produk fenomenal sekelas mobil Avanza.

Toyota memang merancang Avanza bukan hanya sebagai sebuah produk biasa namun lebih lagi merupakan langkah mereka untuk merangkul konsumen keluarga di Indonesia. Saat itu kondisi perotomoifan di tanah air sedang mengalami masa sulit yang dipicu oleh krisis ekonomi yang melanda negeri ini menjelang akhir milenium pertama.

Akibat krisis tersebut industri otomotif terkena imbas yang sangat besar, Toyota sebagai pemain terbesar di industri ini tentunya terkena dampak yang paling besar pula. Harga mobil Kijang yang kala itu merupakan jawara andalan dari pabrikan ini melonjak drastis dari yang tadinya berkisar 40 jutaan melambung hingga melampaui angka 120 juta Rupiah.

Hal itu tentu saja membuat shock para konsumennya yang saat itu notabene berasal dari kalangan menengah dan hasilnya bisa diprediksi penjualan mobil Toyota Kijang pun merosot jauh. Namun sebagai produsen berpengalaman, alih – alih berputus asa dengan keadaan yang tidak menguntungkan tersebut, Toyota justru menemukan solusi yang bisa dibilang menjadi “blessing in disguisse” yakni menghadirkan sebuah produk yang setipe dengan Kijang namun dengan harga yang lebih rasional bagi masyarakat dari kalangan menengah.

Transformasi dan penyempurnaan yang secara kontinyu dilakukan Toyota semakin membuat mobil Avanza menjadi pilihan keluarga Indonesia. Kehadiran variant kembarnya yakni Veloz di tahun 2011juga menjadi langkah jenius TAM selanjutnya, duet Avanza – Veloz melambungkan nama TAM sebagai penguasa tunggal segmen MPV khususnya small MPV.

Kekuatan branding yang dimiliki sang Avanzatos ini membuat  Avanza seakan telah menjelma menjadi kosakata paling pas untuk menyebut sebuah kendaraan keluarga di Indonesia sekaligus mentasbihkan mobil Avanza menjadi pilihan keluarga Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *