Terkadang orang sering bingung dan akan timbul pertanyaan yaitu lebih irit mobil matic atau manual kah? Pada line-up produk MPV segmen menengah tentu ada Toyota Avanza Veloz yang juga kami tawarkan dengan pilihan transmisi manual ataupun otomatis. Efisien atau tidak sebuah kendaraan tentu saja bergantung pada besarnya kapasitas mesin dan juga pada faktor pengemudi itu sendiri.

Baru-baru ini pada ajang pada acara Coaching Clinic Smart Driving Toyota yang berlangsung pada tanggal 15 Desember 2013 di Bandung, salah seorang pengurus dari Indonesia Defensive Driving Center yaitu Bapak Bintarto Agung menjelaskan bahwa jika ditilik dari segi mesin, antara mobil yang menggunakan transmisi manual atau otomatis, letak perbedaan keduanya ada pada sisi keamanan dan juga gesekan mesin itu sendiri.

Beliau menjelaskan, jika anda mengendari Avanza Veloz matic hal yang perlu diperhatikan adalah akselerasinya, terutama fitur kick down untuk merubah atau mengganti gigi. Faktor lainnya adalah anda harus lebih jeli mengatur akselerator pedal gas. Ketika melakukan pergantian gigi saat kecepatan mendekati 2.000 hingga 2.200 RPM, anda cukup mengangkat pedal gas sedikit saja dan segera lakukan perpindahan gigi. Kebiasaan seperti ini memang butuh latihan yang rutin agar anda terbiasa dengan cara perpindahan gigi dan juga control terhadap pedal gas seperti ini.

Salah satu kebiasaan yang membuat kendaraan anda boros bahan bakar adalah perilaku agresif yang dilakukan oleh pengemudi saat mereka mengemudi Veloz manual. Bagi Veloz bertransmisi otomatis tentu saja anda sudah diuntungkan dengan adanya fitur Electronic Transmission Control yang mengatur mesin pada mobil anda. Dengan fitur tersebut, saat pengemudi menurunkan gigi dari D ke 1 secara tidak sengaja, gigi akan tetap pada posisi semula hingga sensor menyesuaikan kecepatan dan akselerasi baru secara otomatis berpindah ke gigi 1.

Bapak Bintarto juga menambahkan bahwa sebaiknya anda tak menggunakan torsi secara berlebihan ketika melakukan akselerasi. Pada Veloz sendiri, torsi optimum berada pada putaran 1.500 sampai 2.500 atau 2.800 RPM. Jangan melakukan perpindahan lebih dari torsi karena pada torsi dengan besaran seperti itu anda telah mendapatkan kecepatan kurang lebih 50 km/jam. Dengan memperhatikan hal ini dan menerapkan pada mobil anda, tentu Avanza Veloz anda akan sangat efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar sehingga anda tak perlu bingung untuk bertanya-tanya tentang lebih irit mobil matic atau manual.

One Response

  1. wah canggih amat acara toyota pake mesin waktu biarnyam pe ke Coaching Clinic Smart Driving Toyota tgl 15 desember 2013 kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen bgt
    gak hanya nyiptaiinmobil tapi bikin mesin waktu woooooooooooooow
    wkwkkwkwkwkw XD lol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *