toyota voxy pengganti nav1

MPV Voxy 2017 – Tak mau kalah dengan principalnya di Jepang yang baru saja meluncurkan versi terbaru dari Noah, Toyota Indonesia dikabarkan telah siap menghadirkan model MPV baru mereka yakni Voxy yang notabene merupakan produk seplatform dengan Noah dan Esquire.

Ironisnya kehadiran Voxy di tanah air digadang – gadang justru akan diplot untuk menjadi model pengganti dari Toyota Nav1 alias Navigation One yaitu tak lain dan tak bukan adalah nama resmi dari Toyota Noah untuk pasar Indonesia yang telah dihentikan produksinya terhitung sejak bulan Januari 2017 kemarin.

Penjualan kurang memuaskan dianggap merupakan alasan Toyota Astra Motor menghentikan pemasaran MPV yang sejak awal kehadirannya di bumi pertiwi pada tahun 2012 lalu dirakit secara CKD (Completely Knock Down) di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat oleh PT. Sugity Creatives tersebut.

Beberapa nama telah mencuat sebagai calon pengganti Nav1 namun Voxy merupakan calon terkuat yang muncul dipermukaan. Selain para pengamat serta media, PT. TAM sendiri meskipun belum resmi namun telah mengisyaratkan kehadiran MPV boxy ini sebagai replacement model dari Nav1.

Salah satu signal dari interen TAM keluar melalui statement Fransiscus Soerjopranoto yang saat ini menjabat sebagai Executive General Manager di ATPM terbesar di Indonesia tersebut. Pria yang akrab disapa Soerjo itu tidak segan – segan menyebutkan kelebihan serta keunggulan mobil MPV Voxy 2017 meski hanya secara generalnya saja.

“Jauh lebih oke dari Nav1, tampilannya menyerupai New Vellfire, Voxy ini sangat bagus, enak dan nyaman digunakan bahkan telah dilengkapi pula dengan dual sunroof” tegas Fransiscus. Pernyataan Soerjo itu memicu lahirnya julukan untuk Voxy sebagai “Baby Vellfire” di sejumlah situs jual beli mobil online maupun portal berita otomotif.

Voxy sendiri diperkirakan akan tampil pada gelaran otomotif terbesar di Asia Tenggara yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2017 mendatang atau kurang dari 30 hari sejak berita ini dimuat.

Perkiraan Harga dan Spesifikasi MPV Voxy 2017

Tidak mau secara lugas menyebut angka, Soerjo mengatakan bila harga mobil Voxy ini nantinya tidak akan jauh berbeda dari pendahulunya yakni Nav1. Bila benar demikian maka bisa diperkirakan bila harga Toyota Voxy 2017 kemungkinan akan dibanderol pada kisaran 400 juta sampai 500 jutaan yang membuatnya sejajar dengan Kijang Innova dan berada diatas harga mobil Sienta terbaru.

Untuk spesifikasi mobil Voxy yang akan dipasarkan di Indonesia memang belum terlalu banyak diulas oleh media karena sedikitnya info yang diberikan oleh pihak TAM sendiri. Namun untuk menjadi gambaran saja, di Jepang Voxy dipersenjatai mesin 3ZR-FAE berkapasitas 2000cc yang dikombinasikan dengan sistem transmisi CVT.

Mesin mobil Voxy diklaim lebih hemat bahan bakar dibanding Nav1 atau Noah dengan perbandingan konsumsi BBM 14,8 – 16 km / liter dalam keadaan normal. Selain mesin berbahan bakar bensin, di negeri asalnya Voxy juga tersedia dalam variant hybrid yang jelas jauh lebih hemat serta ramah lingkungan.

Sektor eksterior dan interior MPV Voxy 2017 juga telah mendapatkan penyegaran yang membuatnya terlihat lebih elegan namun tetap trendy. Yang tak mungkin terlupa tentunya deretan fitur berteknologi kekinian yang dipastikan akan memanjakan para penggunanya.

Tampaknya kehadiran calon rival baru Nissan Serena dan Mazda Biante ini tinggal menunggu waktu saja. Toyota bahkan sudah mempersiapkan video iklan televisi (TVC) untuk Voxy yang telah dinyatakan lulus sensor alias siap tayang, terus pantau berita seputar MPV Voxy 2017 hanya di situs kesayangan anda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *