avanza terlaris juli 2016

Toyota Astra Motor kembali membuktikan kapasitasnya sebagai produsen kendaraan bermotor terbesar di Indonesia. Data penjualan yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menyebutkan bila ATPM mobil Toyota ini berhasil merajai penjualan sepanjang bulan Januari hingga Juli 2016 dengan raihan pertumbuhan tertinggi dibanding brand atau manufaktur kendaraan roda empat lainnya.

Dalam tempo 7 bulan pertama 2016, TAM mencatatkan penjualan sebanyak 209.001 unit di seluruh Indonesia, angka tersebut naik hingga 11,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2015 lalu dan membuat penguasaan pangsa pasar mereka juga ikut naik dari 31,5 persen  menjadi 35,5 persen di tahun ini.

Apa yang ditorehkan oleh TAM tersebut terbilang sangat luar biasa karena secara keseluruhan pasar otomotif nasional justru sedang mengalami degradasi dibandingkan tahun sebelumnya. Gaikindo mencatat bila di 7 bulan pertama tahun ini penjualan ritel kendaraan bermotor roda empat mengalami penurunan dari 594.784 unit pada tahun 2015 menjadi 588.784 unit pada 2016 dengan penurunan tertinggi terjadi pada bulan Juli diakibatkan oleh momen libur Lebaran serta awal tahun pendidikan.

Di tengah kondisi seperti itu apa yang diraih oleh Toyota tentu merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan memberikan secercah harapan bagi industri otomotif domestik. Kehandalan produk – produk mereka, kualitas layanan penjualan maupun purna jual hingga strategi pemasaran yang brilian membuat tingkat daya beli serta kepercayaan masyarakat tidak berkurang sedikit pun bahkan meningkat

Seperti diungkapkan oleh Vice President PT. TAM, Henry Tanoto yang menyampaikan rasa syukurnya atas peningkatan penjualan yang diperlihatkan oleh produknya di hampir seluruh segmen. Pria ramah berkacamata ini juga menyebut bila kesuksesan tersebut tidak bisa dilepaskan dari aktualisasi semangat Toyota Let’s Go Beyond melalui 3 pilarnya yaitu Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service yang menjadi prinsip dasar perusahaannya.

Hadirnya sejumlah model terbaru dari produk unggulan mereka serta produk yang benar – benar baru ternyata cukup efektif dalam mendongkrak penjualan unit serta brand image Toyota. Seperti diketahui sepanjang tahun 2016 ini TAM telah meluncurkan New Fortuner di bulan Januari, New Rush 7 seater di bulan Maret serta All New Sienta pada April 2016 plus mobil MPV LCGC pertama mereka bernama Calya yang launching melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show bulan Agustus kemarin.

Keempat mobil baru Toyota tersebut menambah deretan line up anyar dari armada Toyota di Indonesia dimana seperti diketahui menjelang akhir 2015 lalu TAM juga telah menghadirkan variant teranyar dari product MPV mereka yakni Grand New Avanza dan Grad New Veloz yang meluncur di bulan Agustus serta All New Kijang Innova pada bulan November 2015.

Terbukti produk – produk diatas menjadi tulang punggung dari performa penjualan mobil Toyota pada tahun 2016 ini khususnya untuk kategori kendaraan penumpang alias passenger car yang menorehkan progress penjualan hingga 12,5 persen pada Januari – Juli 2016 atau tepatnya dari 179.039 menjadi 201.378 unit.

Mobil Terlaris Toyota Januari – Juli 2016

Lantas dari total raihan TAM tersebut mobil apakah yang paling diminati oleh konsumennya di tanah air? Jawabanya ternyata tak lain dan tak bukan adalah Avanza. Mobil sejuta umat itu masih membuktikan diri pantas menyandang predikat sebagai flagship Toyota di Indonesia dan menjadi kontributor terbesar dalam hal penjualan unit.

Dalam 7 bulan awal tahun ini penjualan mobil Avanza telah menembus angka 82,499 buah atau naik sekitar 6.2 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Bukan hanya itu, raihan tersebut juga membuat dominasi Avanza di segmen Low MPV semakin tak terbantahkan, market share Avanza mengalami pertumbuhan dari 45,8 menjadi 47,9 persen atau mendekati separuh dari total penjualan unit mobil pada segment LMPV.

Posisi kedua ditempati oleh ikon sekaligus legenda mobil keluarga nusantara yakni All New Kijang Innova. Line up yang turun di segmen medium MPV itu mencatatkan progress penjualan yang sangat signifikan yakni sebesar 30,7 persen melalui penjualan sebanyak 35,587 unit, angka tersebut memantapkan Innova sebagai penguasa tunggal segmen mid MPV dengan persentase market share mencapai 95,1 persen.

Mobil murah Toyota yang bernama Agya juga masih terlalu perkasa bagi kompetitornya, citycar ini memberikan kontribusi 30.563 unit dan membua mobil yang berbagi platform dengan Calya ini tetap menempati urutan teratas sebagai LCGC terlaris di Indonesia.

Dari segment SUV, produk unggulan TAM juga sangat berjaya, sejak pertama kali diperkenalkan pada awal tahun sampai dengan bulan Juli kemarin, New Fortuner telah berhasil terjual sebanyak 15.256 buah, jumlah tersebut mencatatkan pertumbuhan diatas 100 persen dibanding periode tahun sebelumnya dimana SUV gagah ini terjual sebanyak 7.539 buah dan meningkatkan pangsa pasar di segmentnya dari 27,7 persen menjadi 44 persen.

Sementara satu kelas di bawahnya yakni di kategori Low SUV, New Rush juga mampu menunjukan performa yang cukup memuaskan dimana rata – rata LSUV ini terjual sebanyak 2100 unit setiap bulannya. Hadirnya variant terbaru yang mengaplikasikan 7 seater seats rupanya mendapat respons positif dari masyarakat penggemar kendaraan urban adventure di tanah air.

Antusiasme publik akan Multi Activity Vehicle pertama milik Toyota Indonesia bernama All New Sienta juga cukup sukses melambungkan kinerja penjualan mereka. Sejak diperkenalkan pada bulan April kemarin, total surat pemesanan kendaraan atau SPK mobil Sienta telah menembus 5000 buah, desain keren dan trendy serta utilitas tinggi yang ditawarkan oleh MPV pintu geser ini membuatnya mendapat respons yang cukup baik khususnya kaum muda urban yang memiliki beragam aktifitas dan bergaya hidup masa kini.

Baca : Testimoni Pelanggan Toyota Sienta

Kinerja penjualan TAM pun diprediksi akan terus meningkat di sisa tahun 2016 ini, hal itu diperkuat dengan kesuksesan line up teranyar mereka All New Calya yang hingga berita ini dibuat telah dipesan sebanyak 8400 unit dengan 2225 unit diantaranya tercatat melalui gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show yang juga merupakan ajang peluncuran perdana MPV LCGC Toyota tersebut.

Pada pameran otomotif internasional terbesar di Asia Tenggara itu sendiri TAM juga menorehkan prestasi spektakuler dengan catatan penjualan menembus 8.286 unit tertinggi diantara seluruh peserta GIIAS lainnya. Hal ini bisa dikategorikan sebagai indikasi positif mengingat ajang tersebut selalu dijadikan barometer dari perkembangan industri serta pasar otomotif nasional setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *